Gerhana Matahari Tanggal 9 Maret 2016

Gambar diambil dari Wikipedia
Hari ini yakni hari ke-dua di bulan Maret tepatnya tanggal 2 Maret 2016, di bulan ini telah diprediksi akan terjadi Gerhana Matahari di hari ke-sembilan yaitu tanggal 9 Maret 2016.

Tahukah anda macam-macam Gerhana Matahari dan bagaimana Gerhana Matahari itu terjadi? berikut sedikit ulasan wacana macam-macam gerhana matahari dan proses terjadinya yang kami kutib dari 'Wikipedia'. Gerhana Matahari sanggup dibagi menjadi empat jenis yaitu: 
  1. Gerhana total terjadi apabila dikala puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari. 
  2. Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bab dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan. 
  3. Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi kalau ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat menyerupai cincin yang bercahaya. 
  4. Gerhana bibit unggul bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana bibit unggul relatif jarang.
Peristiwa ini sangat jarang terjadi sehingga sayang untuk dilewatkan, namun mengamati gerhana Matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan memakai metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak kondusif untuk dipakai alasannya yakni tidak menyaring radiasi inframerah yang sanggup merusak retina mata. 
Bagi anda yang mempunyai alat lihat yang sanggup menyaring radiasi inframerah silahkan melihatnya sesegera mungkin alasannya yakni cepatnya peredaran Bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit dan 58 detik.
Berikut waktu lihat yang bersumber dari news.detik.com biar bermanfaat.



Sumber: Wikipedia & News.detik.com

Keywords: Berita Terkini, Berita Terupdate, Informasi Terbaru, Gerhana Matahari, Gerhana 2016, Berita Gerhana, Berita Gerhana Terkini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Sk Dirjen 1715 Perihal Penetapan Nrg 2016 Lulusan Sertifikasi Guru 2015 Dan Lampirannya

Gambar Animasi Dp Bbm: Motivasi ''Bergerak Itu Hidup Membisu Itu Mati Berhenti Itu Terlindas''

Download Shareit: Aplikasi Transfer File Supercepat